8 Tips Menghemat Baterai Android pada Samsung Galaxy S6 Edge

tips menghemat baterai android samsung galaxy s6 edge
Salah satu dari perkembangan smartphone Samsung Galaxy S6 & S6 Edge terletak pada baterai yang tidak bisa dicopot. Dengan demikian, jika Anda termasuk pengguna Samsung Galaxy S6 terjebak dengan baterai built-in yang memiliki daya hanya 2600 mAh. Penggunaan daya baterai pada smartphone ini rata-rata 14-18 jam. Namun, seperti dengan kebanyakan smartphone Android lainnya, ada beberapa tips menghemat baterai Android pada Samsung Galaxy S6 Edge:


1. Atur Tingkat Kecerahan Layar pada Display Brightness


tips menghemat baterai android pada display brightness

Arahkan ke bagian Settings > DisplayBrightness, atur posisi auto menjadi ON dan aturlah persentase brightness antara 40% dan 60% adalah keseimbangan sempurna antara daya tahan baterai dan kualitas tampilan layar. Kemudian Anda dapat mengubah layar timeout pada bagian Screen timeout menjadi sekitar 2 menit.

2. Menonaktifkan Fitur Smart Network Switch


tips menghemat baterai android pada fitur smart network swith

Smart Network Swtich merupakan fitur pada smartphone Samsung Galaxy sebelumnya yang berfungsi mendeteksi apakah koneksi Wi-Fi Anda stabil atau tidak.  Jika koneksi Wi-Fi tidak stabil, maka akan dialihkan ke koneksi mobile data.

Di menu Home. Tekan icon Apps. Tekan Settings > Wi-Fi > MORE > Smart Network Switch > Tekan Off

3. Mengatur Android Location


tips menghemat baterai android gps only

Masalah terbesar pada ponsel Android adalah ketidakmampuan dalam mengelola lokasi efisien tanpa mempengaruhi daya tahan baterai. Untungnya ada tips untuk meningkatkan daya tahan baterai Android.

Pada menu notifikasi, tekan dan tahan tombol Location untuk memunculkan pengaturan lokasi. Ubah Location Method menjadi GPS Only untuk penghematan baterai.

4. Atur Google Sync Services


tips menghemat baterai android di google sync services


Masalah lain yang mempengaruhi semua smartphone Android terletak pada Google Sync Services. Saat menambahkan akun Google maka ponsel otomatis akan menyalakan sync untuk semua aplikasi dan layanan Google. Bayangkan jika Anda memiliki lebih dari satu akun Google, tentunya akan memboros baterai.

Pilih menu Settings. Lalu tekan pada Account. Pada menu selanjutnya pilih Google, lalu tekan pada akun Google Anda. Kemudian non-aktifkan salah satu dari daftar layanan yang ada.

5. Bloatware


tips menghemat baterai android dengan menonaktifkan bloatware

Tips menghemat baterai Android lainnya adalah mematikan Bloatware yang jarang/tidak digunakan. Bloatware adalah aplikasi bawaan yang telah terinstal pada smartphone Android Anda. Menonaktifkan aplikasi dan layanan yang tidak perlu dapat meningkatkan daya tahan baterai Android Anda secara signifikan. 

Pengguna Android disarankan untuk mematikan Wi-Fi calling, Samsung Lock, S-Voice dan lainnya. Namun tidak perlu khawatir, Anda dapat mengaktifkannya kembali. 

Arahkan ke Settings > Applications > Application Manager. Kemudian klik pada aplikasi yang ingin dinonaktifkan, lalu pilih Disable

6. Set Wallpaper Hitam 


tips menghemat baterai android dengan wallpaper hitam

Alternatif lain yang efektif untuk menghemat baterai Android pada Samsung S6 Edge adalah dengan menggunakan wallpaper hitam, hal ini dikarenakan layar AMOLED menggunakan daya baterai yang sangat besar. 

Unduh Wallpaper hitam. Pilih Settings > Personal > Wallpaper > From Gallery. Kemudian pilih wallpaper hitam yang telah diunduh.

7. Menghidupkan Fitur Grayscale


Dengan menyalakan fitur Grayscale pada Samsung Galaxy S6 Edge juga dapat membantu menghemat baterai Android karena perangkat akan mengkonsumsi daya baterai yang lebih kecil.

Tekan pada tombol Home tiga kali. Pilih Settings > Ability > Direct access > Turn Gray Scale On

8. Mengaktifkan Fitur Ultra Power Saving Mode


tips menghemat baterai android dengan fitur ultra power saving mode


Arahkan ke Settings > System > Battery. Lalu pilih Ultra power saving mode

Dengan mengaktifkan fitur ini, ia akan membatasi kinerja CPU, mengurangi tingkat kecerahan layar dan frame rate secara keseluruhan, mematikan fungsi fibration feedback, mematikan lampu sentuh dan mengurangi waktu sebelum layar dimatikan ketika ada notifikasi di handset Anda. 

Nah, demikianlah beberapa tips menghemat baterai Android pada Samsung Galaxy S6 Edge dari IdeDroid yang dapat Anda coba. Selamat mencoba!
1 Komentar untuk "8 Tips Menghemat Baterai Android pada Samsung Galaxy S6 Edge"

All wipes that you can perform work on EXT4 and RFS too. Samsung galaxy s8

Back To Top