Cara Menghapus Duplikat Kontak di Android

Tiga (3) Cara Menghapus Duplikat Kontak di Android dengan Mudah



cara menghapus duplikat kontak di android
Kadangkala Sobat mengalami duplikat kontak di smartphone Android. Hal ini biasanya terjadi ketika sobat melakukan format 'factory reset' di perangkat dan pada saat sinkronisasi kontak atau mengganti kartu SIM dan secara tidak sengaja terjadilah sinkronisasi semua kontak yang mengakibatkan duplikat kontak tersebut. 


Dalam tutorial kali ini "IdeDroid" akan menunjukkan beberapa trik sederhana tentang cara menghapus duplikat kontak di Android. Anda dapat menggunakan salah satu metode di bawah ini:


Metode #1: Menghapus dari Kontak Telepon



Akses aplikasi Contacts dan tekan tombol Menu. Dari menu, tekan pada "Merge accounts" lalu pilih "Merge with Google". Kemudian tekan OK dan semua kontak sobat akan digabung. Proses ini akan menggabungkan account untuk menyingkirkan duplikat kontak yang terjadi karena beberapa account. 


Metode #2: Gunakan Gmail untuk menghapus duplikat kontak



Jika Sobat ingin menyimpan data cadangan, maka aktifkan sinkronisasi kontak dengan Gmail. Maka sobat bisa menghapus semua duplikat kontak dari ponsel Android.

cara menghapus duplikat kontak di android dengan gmail

Buka akun Gmail Anda dan klik "Gmail" di menu kiri. Lalu, klik "Contact" dan semua kontak Anda akan ditampilkan. Sekarang di menu kiri klik "Find duplicates".

cara menghapus duplikat kontak di android find duplicates


Setelah muncul layar Merge duplicate contacts, Anda akan melihat semua duplikat kontak. Klik tombol "Merge" dan semua duplikat kontak akan digabung jadi satu. 


Metode #3: Menghapus Duplikat Kontak dengan Aplikasi Khusus

cara menghapus duplikat kontak di android dengan aplikasi duplicate contacts


Banyak sekali aplikasi untuk menghapus duplikat kontak di Google Play Store. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan aplikasi "Duplicate Contacts". Cara ini sangat simpel dan aplikasi ini juga memiliki rating yang baik di Google Play Store

Klik pada link Duplicate Contats untuk instal aplikasi ini. Klik Install > Accept. Klik Open. Secara otomatis aplikasi ini akan meng-scan dan menampilkan semua duplikat kontak di Android. Kemudian pilih kontak duplikat yang mau dihapus, lalu klik "Delete selected". Klik "Yes" untuk menghapus semua duplikat kontak sobat di Android.

Itulah metode-metode cara menghapus duplikat kontak di Android. Jika sobat memiliki pertanyaan ataupun mengetahui metode yang lebih baik untuk menghapus duplikat kontak, sharing di komentar untuk saling berbagi. 















1 Komentar untuk "Cara Menghapus Duplikat Kontak di Android"

Back To Top