8 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

cara menghemat kuota internet
Cara menghemat kuota internet di Android Anda baik dari langganan mobile data Telkomsel ataupun operator lainnya. Hal ini sangat dianjurkan untuk diterapkan agar kita tidak terlalu boros untuk pengeluaran biaya tambahan quota internet ketika paket kuota internet terpakai tak terduga. Maka daripada itu, sebagai pengguna smartphone harus bertindak sebagai smart user perlu mengetahui tips dan trik tentang cara menghemat kuota internet di Android. Cukup ikuti 5 cara berikut untuk menghemat kuota internet.

Cara Menghemat Kuota Internet di Android:


1. Cara Menghemat Kuota Internet dengan fitur Data Saver di Google Chrome

cara menghemat kuota internet dengan fitur data saver chrome

Kamu bisa menghemat pemakaian kuota internet di smartphone dan komputer dengan menggunakan fitur Data Saver ini yakni mengompresi halaman web sebelum loading di browser Anda. Tips ini akan menghemat konsumsi data sebesar 30-35%.

Jalankan browser Chrome. Tekan menu tiga titik di bagian kanan atas. Pilih menu Settings. Kemudian pilih Data Saver. Geser tombol untuk menghidupkan fitur ini.

2. Cara Menghemat Kuota Internet dengan aplikasi Tinfoil for Facebook

cara menghemat kuota internet dengan tinfoil for facebook

Aplikasi Facebook termasuk aplikasi yang boros kuota internet dan menguras baterai. Namun, Anda bisa mencoba aplikasi Tinfoil for Facebook, sebuah aplikasi web yang menampilkan situs Facebook.

Klik tombol Download untuk unduh aplikasi Tinfoil for Facebook.

3. Cara Menghemat Kuota Internet dengan Membatasi Background Data

Tips untuk menghemat data adalah membatasi pemakaian data latar belakang. Ini merupakan koneksi internet yang terjadi di background aplikasi Android di saat kita tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Pilih menu Setting > Data usage. Tekan menu lalu pilih Restrict background data. Pilih OK.

4. Cara Menghemat Kuota Internet dengan Mematikan fitur Auto-download pada Whatsapp


Buka Whatsapp > MenuSettings > Chat Setting > Media auto download. Matikan opsi berikut menjadi:
cara menghemat kuota internet dengan mematikan fitur auto download pada whatsapp

  • When using mobile data: Hilangkan tanda centang pada Images, Audio dan Videos
  • When connected on Wi-Fi: Beri tanda centang pada Images, Audio dan Videos
  • When roaming: Hilangkan tanda centang pada Images, Audio dan Videos

5. Matikan fitur Auto-download Aplikasi Android pada Play Store agar Hemat Kuota Internet

cara menghemat kuota internet di play store

Buka Play Store > Settings > Auto-update apps > Pilih Do not auto-update apps atau Auto-update apps over Wi-Fi only (auto update aplikasi hanya lewat Wi-Fi)

6. Cara Menghemat Kuota Internet pada Aplikasi Youtube

cara menghemat kuota internet pada aplikasi youtube
Bagi Anda yang sering menonton video di Youtube secara streaming. Pilih Menu tiga titik pada layar kanan atas. Pilih Settings > General > Beri tanda centang pada Limit mobile data usage (membatasi penggunaan quota mobile)

7. Matikan fitur Data Roaming

Jika Anda hendak bepergian ke luar negeri. Pastikan selalu menon-aktifkan data roaming untuk menghindari pemborosan pulsa. Pilih Settings > More networks > Mobile networks > Hilangkan tanda centang pada bagian Data roaming

8. Matikan Mobile Data saat Paket Kuota Anda telah habis

Anda mungkin pernah mengalami pulsa yang disedot habis pada saat isi ulang pulsa di mana kondisi saat itu masa aktif mobile data internetnya telah habis, namun belum berhasil mengambil paket data internet. Sakitnya tuh di sini...!

Untuk menghindari penyedotan pulsa ketika paket data internet telah mencapai batas quota atau masa aktif telah berakhir. Segera matikan fitur mobile data menjadi OFF ketika Anda hendak mengisi ulang pulsa, pastikan Anda telah berhasil mengambil paket data internet baru kemudian setting mobile data ON.

Pilih menu Settings > More networks > Mobile networks > Hilangkan tanda centang pada bagian Mobile data

Atau bagaimana cara Anda menghemat kuota internet di Android? Punya tips lain untuk berbagi di komentar? Silahkan...! Jangan lupa untuk berbagi (SHARE) artikel di atas ini jika bermanfaat untuk teman Anda menghemat kuota internet.

0 Komentar untuk "8 Cara Menghemat Kuota Internet di Android"

Back To Top