Cara Menjalankan Aplikasi Android di PC

cara menjalankan aplikasi android di pc
Selama ini sobat selalu menjalankan aplikasi Android di smartphone. Hal yang tidak diinginkan adalah kondisi smartphone sobat menjadi panas serta baterai pun cepat habis. Namun, untuk mengatasi kasus di atas, sobat bisa mencoba cara menjalankan aplikasi android di PC.

Google Inc. baru saja mengumumkan rilis beta dari tool pengembangan yang disebut dengan App Runtime for Chrome atau ARC Welder untuk browser Chrome, di mana alat ini memungkinkan pengembang (developer) untuk menjalankan dan menguji aplikasi Android mereka di komputer manapun dengan browser Chrome yang telah di-install.

Di luar pengembang, tool App Runtime for Chrome Welder dapat dijalankan oleh sobat untuk menjalankan aplikasi android di PC mereka. Yang disarankan adalah gunakan versi terakhir dari browser Chrome, sebuah APK dari aplikasi favorit sobat, misalnya Instagram dan ARC Welder untuk menjalankan hampir semua aplikasi pada komputer Mac ataupun Windows sobat.

Adapun Cara Menjalankan Aplikasi Android di PC sebagai berikut:


1. Cari salah satu file APK untuk diunduh ke Desktop PC dengan software Raccoon


cara menjalankan aplikasi android di pc dengan software raccoon
Karena ARC Welder membutuhkan file APK dari aplikasi yang ingin sobat jalankan, maka kita perlu mengunduh satu atau beberapa ke komputer sobat.

Gunakan software Raccoon for Windows untuk mengunduh file APK lebih mudah. Di bagian tab Search ketik nama aplikasi android, misalnya "Instagram", tekan Enter, kemudian unduh file APK tersebut.

Sebenarnya ada berbagai cara lain ataupun tutorial untuk mendapatkan file APK di komputer kita, pastikan file tersebut up-to-date dan tidak corrupt. Agar cara menjalankan aplikasi android di PC berjalan dengan baik, terlebih dahulu sobat harus mengunduh software Raccoon. Silahkan ikuti langkah unduh file APK dengan aplikasi Raccoon

2. Install ARC Welder


cara menjalankan aplikasi android di pc dengan install arc welder
Setelah sobat unduh file APK lewat aplikasi Racoon, selanjutnya install ARC Welder extension melalui Chrome Web Store, klik tombol Add to Chrome, lalu klik tombol Add dan tunggu proses unduh 2x selesai hingga muncul di Desktop sobat.

3. Jalankan ARC Welder di Chrome App Launcher pada Desktop


cara menjalankan aplikasi android di pc dengan menjalankan arc welder

Jalankan Chrome App Launcher yang ada di Desktop, klik ARC Welder, klik Choose, lalu pilih lokasi penyimpanan misalnya Desktop. ARC Welder akan meminta untuk menambahkan APK, lalu tekan tombol + Add your APK dan upload filenya. 

Catatan: Sobat dapat menggunakan lebih dari satu aplikasi Android pada waktu yang bersamaan, yang kemudian akan disimpan ke Chrome App Launcer, sehingga ARC Welder ini akan meminta kita untuk menghapus yang sebelumnya sebelum kita menjalankan aplikasi yang lainnya. Sobat cukup klik tombol Cancel agar cara menjalankan aplikasi android di PC berjalan mulus. 

4. Customize the Options


Pada halaman berikutnya, silahkan pilih pilihan untuk Orientation, Form Factor dan Clipboard Access, kemudian klik Launch App untuk menjalankan aplikasi android di PC.

5. Gunakan aplikasi Android Anda di Chrome


Klik tombol Launch App untuk mulai menggunakannya, tetapi perlu disadari bahwa itu mungkin akan bekerja sedikit lambat bahkan error karena ARC Welder ini  dalam versi beta. Begitu juga, tidak semua aplikasi dapat dijalankan, sehingga sobat harus menguji masing-masing. 

Dengan menjalankan Instagram di PC. Saya bisa browse, like foto-foto dan meninggalkan komentar yang sebelumnya tidak pernah saya lakukan. Itulah cara menjalankan aplikasi android di PC. Semoga bermanfaat!








0 Komentar untuk "Cara Menjalankan Aplikasi Android di PC"

Back To Top